Kamis, 02 Agustus 2012

ZAKAT FITRAH

 Zakat Fitrah adalah kewajiban setiap pribadi muslim untuk membersihkan diri dan mensucikan jiwa, yang dibayarkan setelah umat islam menuanaikan ibadah puasa ramadhan dan dikeluarkan sebelum sholat Idul Fitri di laksanakan.

Apabila dikeluarkan setelah imam naik mimbar maka tidak dianggap zakat fitrah, melainkan shadaqah biasa.

Dalam Surat Al-A'la ayat 14 :

"Sungguh telah menang orang yang mengeluarkan zakat (fitrahnya) menyebut nama Tuhanmu (mengucap takbir,membesarkan allah) lalu ia mengerjakan sholat (Shalat Idul Fitri)."

Diriwayatkan oleh Ibnu Umar, "Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan, pada orang yang merdeka , hamba sahaya, laki-laki dan perempuan dari kaum muslimin."

Berapa Besarnya?

Besar zakat fitrah yang di keluarkan yaitu 2,5 Kg atau 3,5 liter beras, atau sesuai dengan makanan pokok penduduk setempat. Mengeluarkan zakat fitrah adalah kewajiban setipa pribadi muslim, apakah itu laki-laki atau perempuan, tua atau muda, besar maupun kecil.

Manfaat Zakat Fitrah
Faedahnya bisa melihat hadits Rasulullah saw yang berbunyi:
    زكاة الفطر طهرة للصائم وطعمة للمساكين

Zakat fitrah adalah beertujuan untuk membersihkan puasanya orang yang berpuasa (dari hal2 yang bisa menghilangkan pahala puasanya) dan untuk memberi makan bagi orang miskin (agar pada hari raya dia juga ikut bergembira, tidak susah karena tidak makanan baginya)
Untuk bayi yang baru lahir maka fitrahnya sekedar menjalankan kewajiban perorangan guna membantu fakir miskin. Jadi tidak punya faedah seperti orang yang berpuasa.

Dalam zakat fitrah yang dikategorikan miskin adalah orang yang pada malam hari raya tidak punya kelebihan makanan pokok, jadi meski awalnya dia dikategorikan miskin secara kehidupannya.

Akan tetapi karena malam hari raya dia punya kelebihan makanan pokok sebab banyak yang fitrah pada dirinya, maka sejak itu dia mendapatkan kewajiban untuk berzakat fitrah.

Meski dalam sisi yang lain dia juga tetap masih boleh menerima zakat, oleh karena inilah zakat fitrah itu dikatakan zakat yang unik sebab orang yang berhak mendapatkan zakat pada suatu waktu juga bisa menjadi orang yang wajib mengeluarkan zakat.

Sumber : www.rumahzakat.org, http://ppssnh.malang.pesantren.web.id

1 komentar:

  1. Andronox:- Presently simply envision! Imagine a scenario in which I uncover that mystery to you today with the goal that you can likewise take your muscle working to another level. Imagine a scenario where I let you know the simplest alternate route for accomplishing all your body objectives. Indeed, that mystery is none other than Andronox This one dietary supplement has helped various muscle heads and competitors to accomplish their objectives in a brief timeframe. On the off chance that you likewise wish to have tore and solid muscles on your body quickly, then this is the answer!
    Read more==>> http://newmusclesupplements.com/andronox/

    BalasHapus