Jumat, 27 Juli 2012

IKAN PAUS terdampar di Karawang jadi tontonan warga


KARAWANG: Paus yang terdampar di perairan utara Desa Pakis Jaya Karawang menjadi tontonan warga setempat.
Mamalia laut sepanjang 12 meter yang kandas sejak Rabu malam hingga kini masih hidup dan sesekali tampak menyemburkan air dari blowhole.
Warga berkerumun di sepanjang bibir pantai mengamati hewan laut yang terdampar itu.

Sejumlah warga juga menyewakan kapal-kapal kayu dan menawarkan dapat mengantar hingga ke dekat paus kendati hal ini sudah dilarang oleh tim relawan demi menjaga paus tersebut.

Tim relawan gabungan Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Tagana, dan Polsek Pakis Jaya masih mengupayakan mengembalikan hewan ini ke laut. Para relawan juga mengoleskan minyak di punggung paus untuk menghindari kulit keringnya yang mudah teriritasi, apalagi badan dan ekor mamalia ini sudah terluka karena upaya penyelamatan yang belum berhasil hingga saat ini.

Pagi tadi, relawan telah memasang strecher dan tandu mamalia sehingga siap ditarik kapal. Namun, hingga saat ini belum ada kapal yang berhasil menarik kendati dua kapal milik Kesatuan Perlindungan Laut & Perairan (KPLP) telah disiagakan.

Selain itu, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) dan PT Pelabuhan Indonesia juga diketahui telah menyiagakan armada termasuk tug boat.
Humas Pertamina Ali Mudakir mengatakan ada sejumlah kapal operasi di sekitar lokasi. Namun, dari koordinasi di lapangan, kapal tidak bisa mendekat karena air surut.(Faa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar